Selasa, 02 Desember 2008 di 05.29 |  
Salju Antartika sempat cair
Antartika
Walau beku kembali dikuatirkan jadi gejala jangka panjang
Para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, mengatakan hamparan salju luas di Antartika sempat meleleh di tahun 2005 akibat kenaikan temperatur.

Kawasan yang mencair itu lebih kurang seluas wilayah negara bagian Kalifornia di Amerika.

Mereka mengatakan, ini merupakan pencairan yang paling besar yang diamati dengan satelit dalam waktu 30 tahun belakangan ini.

Es yang mencair itu membeku kembali namun para ahli kuatir peristiwa ini merupakan bagian dari kecenderungan jangka panjang.

Wartawan BBC untuk masalah lingkungan, Matt McGrath, melaporkan permukaan laut tidak terpengaruh karena es yang mencair itu kembali berubah menjadi es.

Namun dikuatirkan air dari pencairan seperti ini bisa merambat ke bawah dan mencapai dasar lapisan es, yang kemudian menimbulkan kelicinan di lapisan es tersebut sehingga mempercepat pergerakan ke arah laut.

Para periset mengatakan penting sekali untuk terus memantau kawasan Antartika dengan satelit guna melihat apakah yang terjadi bisa berkembang menjadi kecenderungan jangka panjang.

Antartika adalah waduk air segar terbesar di dunia.

Berbeda dengan kawasan Artik yang es-nya bertengger di atas laut, sebagian besar es di Antartika berada di darat dan pencairan skala besar akan menimbulkan dampak yang berat terhadap permukaan laut global.

Diposting oleh GAMERS

0 komentar: