Selasa, 02 Desember 2008 di 05.36 |  

Terobosan Penelitian Kardiologi

Urat Jantung dari Sel Jantung Dewasa

Thijs Westerbeek van Eerten

22-04-2008

heart-stem-cells400.jpgPara peneliti pada Pusat Medis Universitas Utrecht dan laboratorium Hubrecht juga di Utrecht, berhasil mengembangkan sel otot jantung dari jantung orang dewasa. Inilah terobosan besar dalam penelitian kardiologi yang sekaligus juga merupakan berita besar. Apalagi kalau mengingat bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di negara barat.

Hingga kini sel otot jantung atau istilah kedokterannya 'cardio myocides' hanya bisa tumbuh dari sel induk embrio. Sel otot jantung yang baru saja dikembangkan ini berperilaku sama seperti sel jantung asli dan diharapkan dapat memperbaiki jantung yang rusak di masa depan. Para ilmuwan optimis uji coba terhadap manusia sudah bisa dilakukan dalam waktu tiga tahun mendatang. Pakar jantung Profesor Pieter Doevendans dari Universitas Utrecht menjelaskan pentingnya penemuan ini:

"Sampai sejauh ini, tidak mungkin mengembangkan sel otot jantung dalam jumlah besar. Yang berhasil kami capai adalah menuai sel induk dari jantung manusia, dari seorang pasien. Dan itu menyebabkan kami dapat membuat otot jantung dalam jumlah besar. Ini benar-benar terobosan baru."

Bukan sel induk embrio
Yang perlu digarisbawahi adalah kenyataan bahwa sel otot jantung ini tidak berasal dari sel induk embrio. Seluruh perdebatan mengenai etika penggunaan embrio untuk penelitian ilmiah bisa dihindari. Ada sejumlah keuntungan klinis lainnya.

Sel induk embrio membawa dengannya sistim kekebalan sendiri yang bisa-bisa bertentangan dengan sistim kekebalan pasien. Tubuh pasien kemungkinan akan mengenali sel induk yang berbeda ini sebagai benda asing dan menyerangnya sehingga pengobatan tidak akan berdampak.

Juga sangatlah sulit untuk menumbuhkan sel otot jantung berkualitas tinggi dari sel induk embrio, bahkan satu sel yang cacat saja akan bisa menyebabkan tumor. Jadi pasien akan mendapatkan kanker di samping gagal jantung.

Namun sel induk yang digunakan para ilmuwan Utrecht untuk menumbuhkan sel otot jantung ini berasal dari pasien bersangkutan. Jadi tidak ada masalah penolakan. Di samping itu sel bersangkutan adalah sel jantung juga, yang bisa mengurangi kemungkinan berubah menjadi sel kanker.

Tidak perlu donor
Keuntungan lain dari pendekatan yang digunakan para ahli jantung Univeristas Utrecht ini adalah tidak dibutuhkannya donor untuk penelitian itu. Dalam operasi jantung sehari-hari, misalnya by-pass atau mengganti katup, sedikit jaringan jantung yang tidak dipakai biasanya dibuang. Namun Profesor Doevendans dan timnya membawa jaringan tersebut ke laboratorium untuk mengembangkannya menjadi sel otot jantung secepat mungkin.

Sekarang tiba saatnya untuk mengaplikasikan penemuan tersebut. Menurut Profesor Doevendans ada sejumlah hal yang masih perlu dilakukan:

"Apa yang kami lakukan adalah membuat otot baru. Ini sangat penting jika jantung seseorang lemah. Harus dibuat otot jantung baru. Tantangannya adalah menaruh sel ini ke dalam jantung manusia sedemikian rupa sehingga dapat memajukan fungsi jantung penderitanya. Jadi kami berupaya untuk membuat gumpalan tipis jaringan jantung dan menyuntikkannya ke dalam jantung babi dan akhirnya jantung manusia."

Langkah terakhir dalam pengembangan terapi sel induk bagi pasien jantung akan berlangsung dengan cepat. Profesor Doevendans yakin bahwa uji coba terhadap manusia akan bisa dimulai dalam tiga tahun lagi. Dalam dunia ilmu kedokteran, itu bisa disebut kilat.

Diposting oleh GAMERS

0 komentar: